Minggu, 15 April 2018

Presentasi MultiMedia Pembelajaran Kimia Hasil Pengembangan



PRESENTASI MULTIMEDIA


“ LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT ”

Baiklah dalam pertemuan kali ini kita akan membahas materi mengenai “Larutan Elektolit dan Nonelektrolit” sebelumnya tahukan kalian bahwa berdasarkan gaya hantar listrik, kita bisa lho menentukan larutan elektrolit dan non elektrolit. Nah, tahukah kamu larutan apa saja yang termasuk larutan elektrolit? Serta larutan apa saja yang termasuk larutan non elektrolit? Buat para pembaca blogku yang setia mimin ada nih update video baru di youtube yang pastinya bakalan  ngejelasin materi mengenai larutan elektrolit dan nonelektrolit secara ringkas dan jelas pastinya, nah dibagian terakhir dari materi pada blog ini mimin akan bagi link chanel youtube untuk bisa kalian tonton nih guys, berikut ini penjelasan singkat mengenai larutan elektrolit dan Nonelektrolit, sebagai berikut :

A)  Pengertian Larutan Elektrolit
Pada dasarnya yang dimaksud dengan larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, ada beberapa ciri-ciri dari alrutan elektolit yang dapat membedakannya dengan larutan lainnya, yaitu sebagai berikut :
1)      Memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji
2)      Timbulnya gelembung gas dalam larutan
Perlu diingat bahwasannya  larutan elektrolit itu sendiri terbagi menjadi 2, yaitu larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah, dalam hal ini perlu diketahui bahwasanya yang dimaksud dengan larutan elektrolit  kuat adalah larutan elektrolit yang memberikan gejala berupa lampu menyala dan membentuk gelembung gas, contohnya : larutan HCl, air laut dan air kapur, Jadi, Larutan elektrolit kuat terbentuk dari terlarutnya senyawa elektrolit kuat dalam pelarut air. Senyawa elektrolit kuat dalam air dapat terurai sempurna membentuk ion positif (kation) dan ion negatif (anion). Arus listrik merupakan arus elektron. Pada saat dilewatkan ke dalam larutan elektrolit kuat, elektron tersebut dapat dihantarkan melalui ion-ion dalam larutan, seperti dihantarkan oleh kabel. Akibatnya, lampu pada alat uji elektrolit akan menyala. selanjutnya yang dimaksud dnegan larutan leketrolit lemah adalah larutan elektrolit yang tidak memberikan gejala lampu menyala tetapi menimbulkan gelembung gas, contohnya : larutan amoniak, larutan cuka, larutan H2S dan lainnya.

B)  Pengertian Larutan NonElektrolit
Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan larutan Nonelektrolit adalah  larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, karena larutan tidak dapat menghasilkan ion-ion. Untuk lebih jelasnya dalam memahami menganai larutan elektrolit dan Nonelektrolit perhatikan table perbandingan berikut ini, yaitu :


SO…. Buat kalian para pembaca setia blog mimim, jangan lupa  buat mengunjungi Chanel youtube mimin, dibawah ini guys and thanks for watching and don’t forget to subscribe !!!!!
  




Permasalahan :
1)      Menurut pendapat anda tolong jelaskan apa yang menjadi point utama seorang guru dalam membuat Multimedia pembelajaran khusunya dalam pembelajaran kimia ?
2)      Jelaskan menurut pendapat anda kelemahan dan kelebihan seorang guru dalam membuat Multimedia pembelajaran dengan berbasis Komputer ? apakah lebih efisien dibandingkan dengan pembelajaran secara manual ?
3)      Jika anda menjadi seorang guru kelak, metode apa yang akan anda gunakan untuk mengatasi kekurangan anda? Dan apakah efektif metode atau media yang anda pilih untuk diterapkan dalam proses pembelajaran ?
4)      Jelaskan dengan singkat mengapa pada saat ini kita dalam proses pembelajarannya menggunakan computer ? 
Share:

4 komentar:

  1. baiklah saya akan menjawab pertanyaan no 1

    point utama seorang guru dalam membuat multimedia pembelajaran kimia adalah melihat karakteristik siswa dan materi yang akan di ajarkan karena denagn melihat karekteristik siswa yang diajarkan guru dapat membuat media yang sesuai dan bisa membuat siswa menikmati pembelajaran dan meteri yang akan di bautka media jga harus diperhatikan karena tidak semua materi bisa digunakan multimedia

    BalasHapus
  2. Baiklah saya akan menjawab permasalahan keempat
    Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan, komputer sebagai hasil teknologi modern sangat membuka kemungkinan-kemungkinan yang besar untuk menjadi alat pendidikan. Khususnya dalam pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga digunakan sebagai media yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri dalam memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak, dan video, serta memuat suatu kepintaran yang sanggup menyajikan proses interaktif.

    Pada umumnya dalam bidang pendidikan, penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis mikro prosesor, di mana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan.

    BalasHapus
  3. jawaban permasalahanno.2:

    Kelebihan: Dapat menggabungkan video gambar kata2 suara
    kekurangan: biaya

    manual : akan sulit jika membuat multimedia secara manual

    BalasHapus
  4. saya akan menjawab permasalahan yang ke-3, Berdasarkan kekurangan saya, saya akan menggunakan jenis media audio visual media yang dapat didengar sekaligus dilihat, seperti : film bersuara, video, televise, sound slide. Efektif atau tidaknya itu tergantung disiswanya kalau siswa merasa itu menarik tentu efktif dan malah sangat membantu mereka dalam proses belajar.

    BalasHapus